Tips Memilih Mahar Pernikahan Sesuai Adat Calon Pengantin Anda

10/10/2024

Mahar pernikahan adalah pemberian benda yang bernilai yang diberikan oleh pihak suami kepada calon istri sebagai bagian dari perjanjian pernikahan. Ada berbagai macam mahar pernikahan , nilai mahar bisa berupa uang, logam mulia, perhiasan, harta benda, atau sesuatu yang memiliki nilai. Pemilihan mahar menjadi pertimbangan untuk masing-masing adat pasangan. Setiap pasangan yang ingin melaju ke jenjang yang lebih serius, mahar wajib dipersiapkan. Pasalnya di sebagian besar tradisi di Indonesia, mahar menjadi syarat sah dalam pernikahan. Berikut sejumlah tips untuk memilih mahar syarat sah nikah yang sesuai adat calon pengantin.

Tips Memilih Mahar yang Tepat

1. Konsultasi dengan Keluarga

Tips pertama, diskusi dan konsultasikan kepada keluarga inti atau keluarga besar. Ini adalah cara yang paling penting dan tak boleh dilewatkan sebelum Anda menentukan sendiri mahar yang tepat untuk pasangan. Mahar pernikahan yang baik adalah yang sesuai dengan persetujuan kedua belah pihak keluarga.

2. Sesuaikan Mahar dengan Tradisi, Kepercayaan dan Agama

Pemberian mahar juga perlu disesuaikan dengan tradisi, adat, kepercayaan pasangan sebagai bentuk penghormatan kepada keluarga besar. Untuk itu, penting selalu berkomunikasi dengan baik perihal mempersiapkan pernikahan termasuk mahar.

3. Diskusikan dengan Pasangan

Ini jadi salah satu tips penting yang tak boleh dilupakan. Diskusikanlah segala hal yang berkaitan dengan persiapan pernikahan dengan pasangan, termasuk pemberian mahar. Hal ini membantu Anda untuk memilih yang tepat.

4. Sesuaikan dengan Tren atau Preferensi Modern

Selain itu, pemilihan mahar juga bisa dipertimbangkan dengan tren terkini. Cari tahu lebih dalam tentang mahar dari orang-orang terdekat Anda atau Anda juga bisa menanyakan kepada orang yang profesional di bidang kepengurusan pernikahan untuk mengetahui preferensi terkini.

5. Kombinasi Tradisi dan Sentuhan Personal

Tips selanjutnya adalah mahar bisa berbentuk paduan tradisi dengan sentuhan personal. Anda bisa menambahkan sentuhan personal seperti ukiran nama pada mahar pernikahan untuk membuatnya makin otentik. Mahar biasanya dihadirkan pada saat akad nikah karena merupakan hal yang wajib diberikan oleh laki-laki kepada calon istri. Apapun bentuknya, mahar biasanya ditata sedemikian rupa agar tampak indah dan tentunya presentable untuk diabadikan.

Itulah sejumlah tips dalam memilih mahar yang sesuai untuk calon pengantin Anda. Ada beberapa barang yang umum dijadikan contoh mahar pernikahan , seperti uang tunai, alat sholat, logam mulia, barang antik, hingga perhiasan. Bicara soal perhiasan sebagai mahar, MONDIAL merupakan brand perhiasan internasional yang menghadirkan perhiasan berlian eksklusif untuk Anda pilih dan jadikan sebagai mahar pernikahan . Standar ketat yang diterapkan dalam proses pembuatan dan craftsmanship dapat Anda lihat dalam salah satu koleksi branded diamond MEC.

Perhiasan Berlian MONDIAL Sempurna Jadi Pilihan Mahar Pernikahan

Sebagai House of Brands , MONDIAL mempersembahkan berbagai koleksi perhiasan termasuk branded diamonds yang punya kualitas tinggi dan tak tertandingi. Salah satunya, MONDIAL Excellent Cut Ultimate sebagai koleksi perhiasan berlian unggulan yang diusung MONDIAL. MONDIAL Excellent Cut Ultimate merupakan berlian pertama di dunia dengan kualitas lebih daripada Triple Excellent Cut GIA dan dipilih berdasarkan 49 kriteria.

MEC Ultimate adalah berlian simbol keaslian sejati yang sempurna, indah, dan langka.  Setiap perhiasan berlian MONDIAL Excellent Cut Ultimate telah melalui proses seleksi berdasarkan 49 kriteria yang semakin menambah keindahan dan kelangkaannya. Setiap berlian-berlian ini telah melalui proses pemilihan yang sangat ketat, tidak hanya berdasarkan prinsip Triple Excellent Cut GIA, tetapi juga penilaian warna dan kejernihan, inklusi, serta karakteristik dalam jumlah minimal.

Dilengkapi dengan sertifikasi dari Sarine Technologies yang memberi penilaian pantulan cahaya berlian atau light performance , membuktikan bahwa berlian MONDIAL Excellent Cut

Ultimate memiliki light performance yang sangat baik sehingga menjadikannya perhiasan berlian berkualitas tinggi.

Koleksi ini menampilkan cut , clarity , carat , dan color yang luar biasa dengan 49 parameter penilaian yang ketat. MEC Ultimate memiliki value propositions yang meliputi seleksi berlian terluas, verifikasi dan validasi oleh gemolog berpengalaman, serta sertifikasi oleh dua lembaga internasional.

High Quality Jewelry dari MEC Ultimate sebagai Mahar Nikah

Keindahan perhiasan MONDIAL merupakan representasi terbaik bagi Anda yang ingin tampil percaya diri dan standout , menjadikannya pilihan tepat sebagai mahar pernikahan .

Nicholas Saputra di Campaign #AllAroundDivision MONDIAL

Dalam campaign bersama Nicholas Saputra, #AllAroundDivision, MONDIAL menghadirkan sosok Nicholas Saputra yang memiliki akses ke seluruh lini MONDIAL. Dengan itu, ia memastikan bahwa tiap kualitas berlian sesuai dengan legacy brand dan mencerminkan citranya yang berkelas.

Nicholas Saputra dalam Campaign Eksklusif MONDIAL

Kali ini Nicholas Saputra dihadirkan sebagai sosok The Waiter dengan kurasi perhiasan berlian MONDIAL darinya. Tampilannya yang classy nan elegan merupakan citra MONDIAL kepada setiap pencinta perhiasan.

Campaign ini merupakan wujud kolaborasi Nicholas dalam menyalurkan kreativitas dan jiwa artistiknya ke setiap divisi MONDIAL, dimana dirinya menjadi Creative Director dari koleksi MONDIAL Precious.

MONDIAL sebagai Destinasi Utama Anda untuk Mencari Perhiasan Berkualitas sebagai Mahar Nikah!

Mencari perhiasan sebagai mahar pernikahan terbaik untuk calon istri Anda? MONDIAL merupakan destinasi yang tepat! Telah menjadi luxury jewelry brand terfavorit bagi para pencinta perhiasan berkualitas tinggi, MONDIAL ditujukan untuk para wanita yang suka tampil berbeda dalam mengekspresikan diri dan bangga menunjukkan martabatnya sebagai kaum wanita. Sempurna untuk menjadi perhiasan yang dijadikan sebagai koleksi warisan turun temurun.

MONDIAL memiliki konsep #ImDifferent karena menghadirkan perhiasan berlian dengan desain yang unik dan berbeda. Menggunakan ragam berlian dengan fancy shape , fancy color dan fancy cut yang sophisticated membentuk setiap desain perhiasannya.

Kunjungi butik #MONDIAL dan temukan koleksi perhiasan yang Anda cari sebagai mahar nikah . Selain itu jangan lewatkan update koleksi perhiasan terbaru MONDIAL dengan mengunjungi official website MONDIAL dan follow Instagram @mondial !

#Mondial

#ImDifferent

#MONDIALLoveGala

#MECUltimate

#AllAroundDivision

#MONDIALPrecious

More News

14/10/2024 Simak Alasan Mengapa Perhiasan Brooch Disebut dengan Genderless?
 
13/10/2024 Ini Cara Mengenakan Bros Pria yang Multifungsi
 
10/10/2024 Tips Memilih Mahar Pernikahan Sesuai Adat Calon Pengantin Anda
 

BEYOND MONDIAL

icon wa
TALK TO US!