Kenali 5 Perbedaan Natural Diamond dan Lab-Grown Diamond

10/03/2024

Perhiasan berlian memang jadi incaran banyak orang. Telah lama diidam-idamkan, kini tersedia berbagai macam jenis perhiasan berlian. Namun, tahukah Anda, dengan perkembangan teknologi modern, berlian bisa didapatkan dengan cara alternatif. Tidak hanya melalui tambang atau yang dikenal sebagai natural diamond , tetapi berlian juga bisa diperoleh melalui proses buatan laboratorium (lab-grown diamond) . Lalu, apa perbedaan keduanya? Simak di sini!

Perbedaan Natural Diamond dan Lab Grown Diamond

1. Cara Memperolehnya

Natural Diamond

Sebagian besar natural diamond terbentuk jauh di bawah permukaan bumi. Berlian terbentuk miliaran tahun yang lalu di dalam kerak bumi. Dalam kondisi panas dan tekanan yang hebat, atom karbon mengkristal dan membentuk berlian. Dalam kondisi tersebut, lelehan lamproite dan kimberlite yang umumnya dikenal sebagai magma juga terbentuk di dalam mantel atas bumi dan mengembang dengan kecepatan tinggi. Hal tersebut menyebabkan magma meletus dan keluar ke permukaan bumi serta membawa batuan yang mengandung berlian.

Lab-Grown Diamond

Sebaliknya, berlian lab grown atau yang dihasilkan di laboratorium merupakan berlian yang dibuat melalui proses di laboratorium. Cara yang paling umum untuk membuat berlian dengan metode ini adalah melalui proses yang disebut deposisi uap kimia. Bermula dengan  sepotong berlian yang sangat tipis, di mana struktur kristal berlian tersebut sudah terbentuk.  Disebut 'benih', benih ditempatkan dalam ruang hampa tempat molekul karbon berasimilasi dengan benih intan. Setelah berlian ‘ditumbuhkan’ di ruangan ini, berlian tersebut akan siap untuk dipotong dan dipoles, seperti berlian alami. Berlian yang dibuat di laboratorium masih berupa karbon murni, secara kimiawi, sama persis dengan berlian alami.

2. Nilai

Salah satu alasan mengapa perhiasan natural diamond seperti natural diamond earrings nilainya begitu mahal adalah karena kelangkaannya. Natural diamond jewellery bergantung pada proses penambangan yang rumit dan mahal. Aspek lain yang berkontribusi terhadap biayanya adalah tenaga kerja dan energi yang digunakan untuk menambang dan memoles batu permata.

Sementara, nilai berlian laboratorium akan lebih rendah dibandingkan berlian alami. Biasanya,  bisa lebih murah hingga 50 persen bila dibandingkan batu alam dengan kualitas serupa. Kemajuan teknologi juga memungkinkan efisiensi yang lebih besar dalam pembuatan berlian buatan laboratorium. Berlian yang dikembangkan di laboratorium juga masih terus berkembang, sehingga dapat menyebabkan perubahan pada nilainya. Jika berlian lab grown tersebut menjadi lebih mudah diproduksi dan biaya pembuatannya lebih murah, kemungkinan besar harganya akan turun, sehingga menurunkan value -nya.

3. Daya Tahan

Berlian yang dikembangkan di laboratorium terdiri dari karbon, bahan yang sama dengan natural diamond . Hasilnya, kedua batu tersebut sama-sama tahan lama. Keduanya tetap merupakan material yang paling keras di dunia dengan tingkat kekerasan 10 skala Mohs dan sulit untuk dipecah atau dirusak.

4. Clarity

Sejumlah lembaga seperti GIA menilai berlian yang dibuat di laboratorium menggunakan metode dan standar yang sama dengan yang digunakan untuk natural diamond. Hal ini penting untuk diperhatikan karena jika lembaga-lembaga yang mempunyai standar ini menggunakan skala yang sama untuk mengevaluasi berlian yang dihasilkan di laboratorium dan natural diamond, maka perbedaan keduanya dalam hal 4C adalah nihil.

Namun, karena berlian lab grown adalah berlian yang ditumbuhkan, bukan dibuat, maka berlian tersebut juga akan mengalami inklusi atau yang memengaruhi tingkat kilauan dan kejernihan batu. Dengan begitu, semakin banyak inklusi dalam sebuah permata, maka akan semakin keruh, dan semakin rendah tingkat kejernihannya.

5. Warna

Perhiasan berlian berkualitas tinggi yang dikembangkan di laboratorium akan dinilai pada skala yang sama dengan natural diamond jewellery dalam hal warna. Tidak ada perbedaan visual antara berlian hasil laboratorium dan natural diamond.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan lab grown diamond dan natural diamond. Bicara soal berlian, MONDIAL adalah salah satu natural diamond jewellery brand Indonesia dengan beragam koleksinya yang mewah, otentik, dan versatile . Perhiasan MONDIAL hadir sematan berlian berkualitas tinggi karena terjamin dengan sertifikat dan kode unik tersendiri. Jika Anda mencari koleksi perhiasan berlian dengan pesona mewah dari precious stone yang membuat tampilannya makin otentik, koleksi #MONDIALPrecious adalah opsi terbaik.

MONDIAL Precious Koleksi Perhiasan Berlian Berkualitas Tinggi dengan Sematan Precious Stone

Dalam koleksi kolaborasi MONDIAL bersama Nicholas Saputra, MONDIAL Precious menghadirkan koleksi perhiasan yang tidak hanya bertatahkan diamond VVS terbaik, tapi juga precious stones yang menawan dalam berbagai bentuk geometri.

MONDIAL Precious memadukan keindahan berlian dengan precious stones yang menawan yakni blue sapphire dan ruby . Koleksi MONDIAL Precious mengusung desain yang memiliki makna filosofis " Simple Geometry ", bertujuan untuk menangkap keanggunan melalui kesederhanaan. Dirancang menggunakan bentuk-bentuk dasar geometri seperti segitiga, kotak, dan lingkaran sebagai dasar pola yang rumit untuk menciptakan perhiasan versatile sekaligus mewah.

Salah satu koleksi yang bisa jadi pilihan yakni MONDIAL Precious Enchante. Koleksi ini terinspirasi dari momen berharga dalam pembuatan perhiasan bersama Nicholas Saputra.  Anda bisa menjatuhkan pilihan pada salah satu cincin dari MONDIAL Precious Enchante. Cincin berlian bertatahkan 10 butir round F VVS diamonds dan princess cut blue sapphire ini akan menghiasi jari-jemari Anda dengan penuh pesona!

Koleksi Perhiasan Bertatahkan Berlian dan Precious Stone MONDIAL
Koleksi Perhiasan Bertatahkan Berlian dan Precious Stone MONDIAL

Selain cincin, koleksi ini juga tersedia dalam berbagai pilihan kalung. Salah satunya model kalung mewah dengan tatahan round blue sapphire dan 34 pieces round diamonds berikut.

MONDIAL Precious Hadirkan Kemewahan Melalui Berlian, Safir, dan Rubi
MONDIAL Precious Hadirkan Kemewahan Melalui Berlian, Safir, dan Rubi

Opsi lainnya ada anting-anting dari MONDIAL Precious Pointe. Menekankan ketegasan desain rancangan Nicholas Saputra, anting-anting dalam balutan 18K white rose gold ini dipercantik dengan 26 butir diamond dan sejumlah blue sapphire.

MONDIAL Precious Pointe Earrings yang Memesona
MONDIAL Precious Pointe Earrings yang Memesona

Tak hanya koleksi MONDIAL Precious yang memesona, Anda juga bisa memilih koleksi Mondial Excellent Cut (MEC) Ultimate yang tak kalah mewah dengan berlian berkualitas lebih daripada Triple Excellent Cut GIA.

MONDIAL Persembahkan Berlian Pertama di Dunia dengan Kualitas Lebih Tinggi dari Triple Excellent Cut GIA

Sebagai House of Brands , MONDIAL memiliki beragam koleksi perhiasan berkualitas tinggi dengan sematan berlian yang istimewa. Salah satunya, MONDIAL Excellent Cut Ultimate yang merupakan berlian pertama di dunia dengan kualitas lebih daripada Triple Excellent Cut GIA. Berlian-berlian ini diseleksi ketat dan dipilih berdasarkan 49 kriteria.

Setiap berlian MEC Ultimate telah melalui proses pemilihan yang sangat ketat serta memperoleh sertifikasi dari Sarine Technologies. Sertifikat ini memberi penilaian pantulan cahaya berlian atau light performance , yang membuktikan bahwa berlian MONDIAL Excellent Cut (MEC) Ultimate berkualitas tinggi dan paling berkilau.

Dalam pemilihannya, berlian-berlian ini telah melalui dua proses selektif, yakni eksplisit atau proses seleksi ketat, dan implisit atau pemeriksaan fisik. Proses seleksi eksplisit terdiri dari lebih daripada Triple Excellent GIA, inskripsi laser MEC dan GIA, matching quality , dan border weight. Pemeriksaan implisit atau pemeriksaan fisik terdiri dari warna dan kejernihan terbaik, tidak ada culet yang pecah, inklusi yang terseleksi, dan karakteristik luar yang terseleksi.

Koleksi Branded Diamond MONDIAL MEC Ultimate dengan Seleksi Ketat
Koleksi Branded Diamond MONDIAL MEC Ultimate dengan Seleksi Ketat

MONDIAL sebagai House of Brands tak hanya menghadirkan koleksi berlian branded MONDIAL Excellent Cut (MEC) Ultimate. Selain itu, ada koleksi Light of MONDIAL, Brilliant Rose, dan FireMark,, serta mutiara murni pertama di dunia dengan sertifikat GIA dan kilau sempurna yaitu MONDIAL Excellent Pearl.

Tampil Elegan dan Modis dengan Perhiasan MONDIAL!

Lengkapi penampilan Anda jadi lebih modis dan elegan dengan perhiasan berlian berkualitas tinggi dari MONDIAL!  Perhiasan #MONDIAL melambangkan para wanita yang gemar tampil beda, elegan, dan berkelas dalam berekspresi. MONDIAL sebagai pilihan tepat sebagai perhiasan warisan turun temurun karena merupakan beauty investment terbaik untuk setiap wanita.

MONDIAL memiliki konsep #ImDifferent karena menghadirkan perhiasan berlian dengan desain yang unik dan berbeda. perhiasan-perhiasan MONDIAL menggunakan berlian dengan fancy color , fancy shape , serta fancy construction .

Butik MONDIAL adalah destinasi Anda untuk mencari koleksi perhiasan berlian dan batu permata berkualitas. Kunjungi butik-butik #MONDIAL dan temukan perhiasan berlian terbaik! Selalu update koleksi perhiasan terbaru MONDIAL di official website MONDIAL dan follow Instagram @mondial !

#MONDIAL #ImDifferent #MONDIALPrecious

More News

14/10/2024 Simak Alasan Mengapa Perhiasan Brooch Disebut dengan Genderless?
 
13/10/2024 Ini Cara Mengenakan Bros Pria yang Multifungsi
 
10/10/2024 Tips Memilih Mahar Pernikahan Sesuai Adat Calon Pengantin Anda
 

BEYOND MONDIAL

icon wa
TALK TO US!