Cari Model Cincin Kawin Terbaik? Cek 6 Fakta Uniknya Dulu di Sini!

04/01/2024

Momen pernikahan tidaklah lengkap tanpa adanya cincin kawin. Beragam model cincin kawin yang dipilih dapat menampilkan makna yang bervariasi. Tapi, ternyata di balik keindahannya, ada beberapa fakta unik yang ada pada model cincin kawin, termasuk sejarah awal mulanya. Supaya tak makin penasaran, simak fakta unik tentang cincin kawin berikut ini!

Fakta Unik tentang Cincin Kawin

1. Lambang Kepemilikan Sejak Dulu

Menurut Gemological Institute of America (GIA), wanita Romawi mengenakan cincin yang terbuat dari gading, batu api, tulang, tembaga, dan besi untuk menandakan sebuah ikatan atau untuk menegaskan cinta dan ketaatan satu sama lain.

Budaya di Mesir Kuno lah yang pertama kali menggunakan cincin untuk melambangkan keabadian. Hal ini karena lingkaran pada cincin melambangkan tidak ada awal dan akhir, serta mencerminkan bentuk matahari dan bulan, yang disembah oleh orang Mesir.

2. Sebuah Tanda Keseriusan ke Pernikahan

Pada tahun 850 M cincin pertunangan diberi arti resmi, yang bermula saat Paus Nicholas I menyatakan bahwa cincin ini mewakili niat seorang pria untuk menikah. Selain itu, menurut Cape Town Diamond Museum, pada tahun 1477 berlian pertama kali muncul pada cincin pertunangan melalui Archduke Maximilian dari Austria, yang melamar Mary dari Burgundia.

3. Cincin kawin gimmel ring yang legendaris

Pada abad ke-15, cincin pertunangan mulai dipakai secara umum untuk melambangkan jalinan kesatuan cinta ke jenjang pernikahan seperti sekarang. Saat itulah gimmel ring , atau cincin yang saling terhubung, makin melonjak popularitasnya. Mulanya cincin individu ini dikenakan oleh masing-masing pasangan yang bertunangan, dan pada hari pernikahan, kedua cincin tersebut akan dihubungkan dengan cincin kawin dan dikenakan oleh pengantin baru sebagai set cincin kawinnya.

4. Model cincin kawin yang semakin berkembang

Selain model cincin kawin gimmel ring yang tetap bertahan, cincin posy juga mulai beredar di kalangan pasangan yang bertunangan. Cincin posy adalah cincin-cincin yang diukir detail dengan tulisan puisi cinta di bagian dalam bagian band cincin.

5. Berlian pada model cincin kawin

Meskipun Archduke adalah orang pertama yang melamar cincin berlian, tapi kemunculan cincin tunangan atau cincin kawin berlian belum banyak digunakan. Faktanya, cincin pertunangan berlian baru menjadi populer pada tahun 1947. Dengan campaign  " A diamond is forever " popularitas cincin pertunangan berlian meroket untuk pertama kalinya.

6. Tren model cincin kawin terbaru

Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan berlian dan batu permata makin variatif dalam preferensi cincin pertunangan atau cincin kawin. Berlian masih menjadi pilihan populer, tapi kini semakin banyak juga pengantin yang memilih batu permata berwarna lainnya. Misalnya, berlian oval merah muda terang milik Blake Lively dan Ryan Reynolds, cincin ruby unik dengan desain floral milik Katy Perry dan Orlando Bloom, dan lain sebagainya.

Itu dia beberapa fakta mengenai cincin kawin. Bicara soal cincin kawin, MONDIAL punya koleksi model cincin kawin yang tak boleh Anda lewatkan. Jika Anda dan pasangan sedang dalam tahap melangkah ke jenjang yang lebih serius, model cincin kawin berlian berikut ini wajib jadi pilihan. Menambah kedalaman komitmen seumur hidup, model cincin kawin emas dengan berlian MONDIAL ini sempurna untuk mengungkapkan cinta yang murni kepada pasangan.

Model Cincin Kawin Berlian MONDIAL yang Penuh Pesona

Tak hanya dengan model cincin kawin emas dengan berlian, MONDIAL juga punya sejumlah koleksi perhiasan yang tak boleh Anda lewatkan. Seperti MONDIAL Precious yang berkolaborasi dengan Nicholas Saputra. Simak rekomendasinya!

Koleksi Perhiasan Kolaborasi MONDIAL dengan Nicholas Saputra

Untuk Anda yang sedang mencari model cincin untuk dijadikan sebagai hadiah, koleksi MONDIAL Precious x Nicholas Saputra bisa menjadi pilihan tepat. Ini adalah adalah koleksi perhiasan berlian hasil kolaborasi antara ahli MONDIAL dengan Nicholas Saputra. Perhiasan berlian dikoleksi ini mengangkat desain yang memperlihatkan keindahan precious stones yang paling berharga, yaitu sapphire dan ruby .

Tatahan berlian dan precious stones pun disulap menjadi sebuah karya seni yang tak lekang oleh waktu. Di koleksi ini, precious stones safir dan ruby berpadu dengan berlian dalam tiga bentuk dasar geometri, menciptakan perhiasan yang mewah, glamor, sekaligus versatile .

Salah satu koleksi cincin yang bisa jadi pilihan yakni dari MONDIAL Precious Pointe. MONDIAL Precious Pointe Ladies and Men’s Ring memiliki karakteristik desain dengan sharp-edged jewelry, melambangkan sisi kejelasan persepsi Nicholas Saputra dalam rancangannya.

Cincin Berlian dan Precious Stone MONDIAL Precious x Nicholas Saputra

Perhiasan Kolaborasi Nicholas Saputra x MONDIAL

Selanjutnya, Anda juga bisa menjatuhkan pilihan pada salah satu cincin dari MONDIAL Precious Enchante. Cincin berlian bertatahkan 10 butir round F VVS diamonds dan princess cut blue sapphire ini sempurna jadi pilihan untuk menunjang penampilan.

Cincin Berlian dan Precious Stone #MONDIALPrecious

Ada pula koleksi cincin pria, yang juga bisa dipakai wanita, dari koleksi MONDIAL Precious Gradiore. Tampilannya begitu mewah dengan tatahan berlian dan blue sapphire yang modern dengan perpaduan white gold.

Cincin Bertabur Berlian dan Precious Stone Menawan

Selain perhiasan bertatahkan precious stone dan berlian, #MONDIAL juga menghadirkan koleksi perhiasan berlian unggulan, salah satunya Brilliant Rose.

Kemewahan Berlian MONDIAL Brilliant Rose dengan 66 Facet Berlian

Luxury jewelry house MONDIAL mempersembahkan koleksi berlian terbaiknya dengan Brilliant Rose. Brilliant Rose adalah berlian yang dimodifikasi dengan irisan 66 facet , yakni 8 facet lebih banyak dari berlian reguler. Hal ini yang menjadikan warna berlian terlihat lebih putih dari warna aslinya (1 tingkat lebih tinggi) sehingga mampu memantulkan cahaya lebih maksimal dibanding berlian reguler.

Hal yang membuatnya makin menarik yakni desainnya yang dirancang secara eksklusif dan penuh detail berbentuk rosette . Selain itu, Brilliant Rose juga dilengkapi dengan signature ruby yang memancarkan rona merah menawan sebagai trademark dari perhiasan koleksi Brilliant Rose.

Berlian Unggulan MONDIAL, Brilliant Rose

Hadiah Eksklusif MONDIAL untuk Para Pelanggan Tercinta

Spesial merayakan akhir tahun di bulan Desember, #MONDIAL mempersembahkan hadiah khusus untuk para pencinta perhiasan MONDIAL. Hadiah berupa Svana Diamond Pendant dan Svana Sapphire Brooch yang bisa diperoleh dengan melakukan pembelian perhiasan di butik MONDIAL dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Pendant dengan desain berbentuk angsa ini dipercantik dengan setting diamond yang dapat bergerak, membuat pantulan cahaya dari berlian semakin optimal. Selain itu, pendant ini dilengkapi desain bright cutting setting yang membuat berlian di dalamnya terlihat lebih besar dan menawan.

Hadiah Akhir Tahun Pendant dari MONDIAL

Pilihan hadiah lainnya ada Svana Sapphire Brooch. Bros berbentuk angsa yang elegan berbalut rose gold ini dilengkapi dengan tatahan safir biru.

Hadiah Svana Brooch dengan Safir Biru

Butik MONDIAL dengan Atmosfer Penuh Kemewahan

Ingin mencari berbagai perhiasan termasuk model cincin kawin berlian atau koleksi perhiasan precious stone MONDIAL Precious x Nicholas Saputra terbaru? Kunjungi butik MONDIAL sebagai destinasi utama untuk mencari high quality jewelry dengan atmosfer penuh kemewahan!

#MONDIAL hadir dengan konsep #ImDifferent, menggunakan berlian dengan fancy color, fancy shape, dan fancy construction terbaik yang menjadi ciri utama dari MONDIAL sehingga berbeda dari brand perhiasan berlian lainnya. Jadikan penampilan makin menawan dengan perhiasan MONDIAL karena #AllIWantIsMONDIAL!

#MONDIAL ditujukan untuk Anda, setiap wanita yang gemar tampil beda dalam mengekspresikan diri. Sebagai lambang wanita mapan dan profesional, yang mengagumi perhiasan sebagai koleksi warisan turun temurun. Temukan ragam perhiasan mewah dengan desain khas #ImDifferent MONDIAL di butik MONDIAL terdekat, atau secara online melalui official website MONDIAL dan follow Instagram @mondial !

More News

14/10/2024 Simak Alasan Mengapa Perhiasan Brooch Disebut dengan Genderless?
 
13/10/2024 Ini Cara Mengenakan Bros Pria yang Multifungsi
 
10/10/2024 Tips Memilih Mahar Pernikahan Sesuai Adat Calon Pengantin Anda
 

BEYOND MONDIAL

icon wa
TALK TO US!